Minggu, 14 Oktober 2012



SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
(SIM)

=>    Definisi Sistem Manajemen Informasi

Sistem Informasi Manajemen atau yang sering kita singkat dengan SIM ini sebenarnya terbentuk dari tiga kata, yaitu “Sistem”, “Informasi” dan “Manajemen”. Pengertian dari ketiga kata tersebut adalah sebagai berikut: Sistem, merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan. Di dalam perusahaan, yang dimaksud elemen dari sistem adalah departemen-departemen internal, seperti persediaan barang mentah, produksi, persediaan barang jadi, promosi, penjualan, keuangan, personalia. Informasi, merupakan hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem tersebut menjadi bentuk yang mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yang relevan yang dibutuhkan oleh orang untu menambah pemahamannya terhadap fakta-fakta yang ada. Informasi setiap elemen akan berbeda satu sama lain sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Manajemen, terdiri dari proses atau kegiatan yang dilakukan oleh pengelola perusahaan seperti merencanakan (menetapkan strategi, tujuan dan arah tindakan), mengorganisasikan, memprakarsai, mengkoordinir dan mengendalikan operasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Setelah mengetahui pengertian SIM dari masing-masing kata diatas, maka SIM dapat didefinisikan sebagai serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan. Dengan kata lain SIM adalah sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang sama. Para pemakai biasanya membentuk suatu entitas organisasi formal, perusahaan atau sub unit dibawahnya.

=>    Contoh Aplikasi SIM di Instansi atau Perusahaan

Dibawah ini saya akan memberikan contoh real penggunaan aplikasi SIM di dalam instansi maupun suatu perusahaan, seperti perusahaan besar milik PT Astra Honda Motor yang merupakan sinergi keunggulan teknologi dan jaringan pemasaran di Indonesia, sebuah pengembangan kerjasama antara Honda Motor Company Limited, Jepang dan PT Astra International Tbk, Indonesia. Keunggulan teknologi Honda Motor tidak terlepas dari peran sistem teknologi informasi yang dikembangkan untuk mampu menjawab kebutuhan-kebutuhan perusahaan dan pelanggan. Astra International sendiri memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang kebutuhan para pemakai sepeda motor di Indonesia, berkat sistem jaringan pemasaran dan pengalamannya yang luas. Astra juga mampu memfasilitasi pembelian dan memberikan pelayanan purna jual sedemikian rupa sehingga brand Honda semakin unggul.
PT Astra Honda Motor merupakan satu contoh perusahaan yang telah menerapkan database Oracle dengan system terintegrasi antara sistem logistik dengan sistem manajemen penjualan, pemasaran dan keuangan yang cukup sesuai dengan kebutuhan dan sistem informasi manajemen PT Astra Honda Motor, selain itu pengaplikasian ERP (enterprise resources planing) dengan sistem yg telah ada, juga menambah manfaat yang dirasakan oleh AHM, karena setiap pertengahan bulan AHM sudah memperoleh informasi dari bagian pemasaran mengenai jumlah motor yang akan dijual bulan depan. Dengan kondisi seperti ini bagian produksi dapat merencanakan tipe apa saja yang akan diproduksi termasuk jumlah komponen yang dibutuhkan dan menginformasikan kepada 120 perusahaan pemasok mengenai kebutuhan tersebut. Dalam mengaplikasikan ERP, AHM menggunakan e-mail sebagai media untuk mengetahui informasi yang diberikan oleh bagian pemasaran karena lokasi pabrik berada di Cikarang dan bagian pemasaran AHM  berada di Jakarta.  Dalam hubungan AHM dengan vendor ternyata masih ada yang dilakukan tanpa online. Dokumen pemesanan (purchasing order/PO) diberikan setiap kali vendor mengirimkan komponen ke pabrik. PO ini dilengkapi dengan BCT (Bar Code Text) yang pada saat bersamaan memberi instruksi untuk pengiriman berikutnya yang harus dipenuhi oleh vendor.  Dalam BCT memuat nama vendor, nama suku cadang jumlah dan jam delivery-nya. Untuk menjaga hubungan komunikasi dengan vendor AHM masih menggunakan telepon dan faximile dan belum menggunakan internet.
Komponen-komponen  sistem  informasi  yang  berkaitan  dengan  pelayanan  terdiri  dari  lima
sumber daya  antara lain
-  Oracle Clian
-  Dot Net
-  Aplikasi KKP
-  Microsoft Office
-  Aoto Card Map
-  Geo KKP
-  Small Word
-  Arc View
-  Arc Gis
-  Simak BMN
-  SAI
-  SKMPP

=>    Elemen-elemen Penunjang SIM

Elemen-elemen penunjang SIM terbagi menjadi dua bagian, terdiri dari  komponen secara fungsional dan secara fisik.

Elemen Sistem Informasi Manajemen secara Fisik 

a.     Sistem Database
System Data Base adalah sebuah bank data yang di jangkau oleh system. Database memuat seluruh data perusahaan yang peranannya sangat penting, bagi kelancaran organisasi , sehingga dibutuhkan suatu manajemen pengolahan yang baik. 

b.     Decission Support System 
Didefinisikan sebagi penerapan system informasi yang membantu aktivitas pengambilan keputusan. DSS cenderung di gunakan dalam perencanaan untuk menganalisis alternative serta pecarian pemecahan melalui salah satu sistem yang ada.

c.      Information Resource Management ( IRM )
Merupakan cara pendekatan terhadap manajemen yang didasarkan atas konsep pemikiran bahwa informasi merupakan sebuah konsep organisatoris. Ruang lingkup IRM mencakup komunikasi data dan pemrosesan kata. Konsep IRM menekankan pada efektifitas organisatoris sumber sistem informasi daripada spesifikasi teknikal atau efesiensi perangkat keras dan lunak.

d.     User Machine System
Diartikan bahwa perancang sebuah sistem informasi manajemen harus memahami kemampuan manusia sebagai pengolah informasi dan perilaku manusia dalam pengambilan keputusan.

e.      Synergystic Organization
Merupakan sifat pengaturan kerjasama sehingga hasil produksi total dari seluruh anggota organisasi ( totalitas ) lebih besar daripada jumlah hasil anggota organisasi itu.

Elemen Sistem Informasi Manajemen secara Fisik

a.     Hardware
Peralatan komputer fisik dan alat-alat komputer yang saling berhubungan. Berikut ini merupakan 5 fungsi umum hardware, ialah :
1.      Input atau masukan
2.      Central Processor (Perhitungan, pengendalian dan Primary  Storage)
3.      Secondary storage untuk data dan program
4.      Output atau hasil atau keluaran
5.      Komunikasi

b.     Software
Merupakan istilah yang diberikan untuk sekumpulan instruksi langsung yang memungkinkan hardware memproses data.
Software diklasifikasikan menjadi 2, yaitu:
-         Software Sistem terdapat software pemrograman, operasi dan utilitinya, sedangkan,
-         Aplikasi software terdapat aplikasi bisnis, akuntansi, indrustri dll.

c.      Database
Merupakan sekumpulan tabel, hubungan dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan seperti pita komputer dan paket piringan.

d.     Prosedur Pengoperasian
Merupakan komponen fisk karena prosedur disediakan dalam bentuk fisik, seperti buku panduan dan instruksi.

e.      Model Manajemen dan Pengambilan Keputusan

f.       Personalia Pengoperasian 
meliputi operator, progremer, analisa sistem, personalia penyimpanan data dan coordinator operasional SIM dan pengembangannya. 

g.      Jaringan Komputer dan komunikasi Data 
Merupakan sistem penghubung yang memungkinkan sumber(resources) yang diakses oleh bersama.

h.      User atau Sumber Daya Manusia

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar