Kamis, 12 April 2012

Struktur Organisasi

STRUKTUR ORGANISASI PESANTREN DARUSSALAM


Keterangan  struktur  Organisasi :
-         Dewan  Komar : bertugas untuk mengawasi jalannya pesantren, memberikan saran-saran  yang dibutuhkan yang berhubungan dengan rencana strategis pesantren.
-         Pengasuh   Pondok Pesantren,    bertugas untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan, mengawasi santri, membantu menentukan kurikulum dan pengajar (para ustadz), memberikan saran dalam perencanaan yang bersifat strategis dan operasional.
-         Muhammad Akbar  (ketua    santri  ),  bertugas mengorganisir jalannya kepengurusan pondok, melaksanakan rencana-rencana yang bersifat operasional, bersama-sama dengan pengurus inti dan pengasuh pondok menentukan rencana yang bersifat strategis.
-         Sekretaris, bertugas membantu rois mengkoordinir dan melaksanakan  hal-hal yang berhubungan dengan administrasi non-keuangan. Membawahi bagian Kesekretariatan dan perpustakaan.
-         Bendahara, bertugas membantu ketua santri (Akbar)  dengan hal-hal yang berhubungan dengan masalah administrasi keuangan di pondok pesantren, membawahi bagian dana usaha yang bertugas mencari donatur bagi keperluan da’wah pondok, dan  juga bagian pengembangan  ekonomi pesantren.
-         Divisi Kebersihan, bertanggung jawab atas pelaksanaan dan pengawasan kebersihan di pondok pesantren, termasuk elemen-elemen yang berada di dalam pondok, melaksanakan amanah-amanah yang dibebankan berkaitan dengan tugas yang diembannya
-         Divisi Ta’lim, bertanggung jawab terhadap seluruh masalah yang berkaitan dengan pendidikan, diantaranya memanage biaya pendidikan, menentukan pengajar, menjalankan kurikulum yang sudah disepakati, bersama-sama dengan ketua santri (Akbar) dan pengasuh pondok pesantren menentukan jadwal akademik,atau secara global menjaga kelangsungan proses belajar mengajar di pondok pesantren .
-         Divisi Ta’mir, bertugas mengelola masjid milik pondok, melingkupi kegiatan-kegiatan rutin keagamaan, masalah keuangan masjid, penganganan sarana dan prasarana mesjid, perawatan dan perbaikan properti milik mesjid.
-         Divisi keamanan, bertanggung jawab atas keamanan pondok pesantren, mengatur optimalisasi sumber daya yang berkaitan dengan kemanan yang ada dilingkup pondok pesantren
-         Divisi Pengembangan bahasa, bertugas untuk memasyarakatkan, mengawasi, menjalankan disiplin, atas penggunaan bahasa asing (khususnya bahasa arab dan Inggris), di lingkup pondok pesantren.
-         Divisi Sarana & Prasarana, mengatur , menginvetarisir, mengawasi, memeperbaiki, seluruh sarana dan prasarana yang berada dilingkup pondok Pesantren, termasuk memanaje sumber daya sub divisinya.
-         Divisi Da’wah Ummat, bertugas mengoptimalkan seluruh sumber daya pesantren bagi kebutuhan ummat, dimana salah satu tujuannya adalah membantu ummat islam untuk mengenal kembali pola hidup dan pemikiran islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar